Page 19 - E-MAGAZINE EDISI PERDANA MEI-JUNI DISKOMINFO KALTIM
P. 19
lAPoR WAl 19
dISKoMINFo KAltIM GElAR PENdAMPINGAN PENGElolA lAPoR WAl!
Samarinda- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Senada dengan Faisal dan Kusharianto, Pemateri
melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim mewakili Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN RB,
menggelar pendampingan pengelolaan LAPOR WAL! di Alfian Alfan Gafar mengatakan, masyarakat memiliki hak
Kabupaten Kota se-Kalimantan Timur dengan menghad- untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas,
irkan pemateri langsung dari Deputi Pelayanan Publik tidak deskriminatif dan sesuai dengan standar pelayanan
Kementrian PAN RB. Kegiatan digelar diruang Tepian II yang telah ditetapkan. Pengaduan masyarkat merupakan
Kantor Gubernur Kaltim Kamis, (15/4). kesempatan bagi instansi pemerintah untuk melakukan
“Mari bersama untuk serius menerapkan pengaduan evaluasi dan perbaikan.
LAPOR! milik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Neg- “Sarana pengelolaan pengaduan memberikan pemerintah
ara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Jika ada aplikasi kesempatan untuk dapat memberikan penjelasan, jawaban
pengaduan sejenis milik Kabupaten/Kota yang baru sebai- dan klarifikasi yang layak atas keluhan dari masyarakat.
knya tidak perlu lagi dteruskan, namun jika sudah berjalan Mewujudkan Layanan Publlik di Indonesia yang berkualitas
mari diintegrasikan,” kata Faisal saat membuka acara. dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat”, jelasnya.
“Dasar hukum pengelolaan pengaduan sudah cukup Puncak dari kegiatan pada pagi hari itu, adanya pen-
jelas dan LAPOR WAL! adalah sama SP4N LAPOR yang andatangan Kesepakatan Bersama , yang mana peserta
merupakan Aplikasi Umum dari Kementrian dan didukung rapat bersepakat dalam penerapan pengelolaan LAPOR
Gubernur Kaltim, jadi kita gunakan satu aplikasi saja yaitu WAL! di Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan
lapor agar tidak rumit dan efisen”, ujarnya. Timur dengan tujuan meningkatkan pelayanan masyara-
Faisal meminta bagi yang belum aktif penerapannya kat dan pembangunan di Kalimantan Timur. (win)
untuk segera ditindaklanjuti laporan yang masuk dan
bagi belum ada Surat Keputusan segera dibuat agar bisa
diberikan akun dan paswordnya.
Hadir disamping Faisal saat pembukaan Kusharianto,
Kepala Perwakilan Ombusaman Kaltim mengaku sangat
mengapresiasi kegiatan pendampingan ini. “Hasil laporan
masyarakat melalui SP4AN Lapor, dapat menjadi rujukan
pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan ,
tidak perlu repot lagi melaksanakan Musrenbang” ujarnya.