Page 19 - E-MAGAZINE EDISI PERDANA MEI-JUNI DISKOMINFO KALTIM
P. 19

lAPoR WAl                                                  19































       dISKoMINFo KAltIM GElAR PENdAMPINGAN PENGElolA lAPoR WAl!



              Samarinda- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur       Senada dengan  Faisal dan Kusharianto, Pemateri
             melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim   mewakili Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN RB,
             menggelar pendampingan pengelolaan LAPOR WAL! di     Alfian Alfan Gafar mengatakan, masyarakat memiliki hak
             Kabupaten Kota se-Kalimantan Timur dengan menghad-   untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas,
             irkan pemateri langsung dari Deputi Pelayanan Publik   tidak deskriminatif dan sesuai dengan standar pelayanan
             Kementrian PAN RB. Kegiatan digelar diruang Tepian II     yang telah ditetapkan. Pengaduan masyarkat merupakan
             Kantor Gubernur Kaltim Kamis, (15/4).                kesempatan bagi instansi pemerintah untuk melakukan
              “Mari bersama untuk serius menerapkan pengaduan     evaluasi dan perbaikan.
             LAPOR! milik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Neg-    “Sarana pengelolaan pengaduan memberikan pemerintah
             ara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Jika ada aplikasi   kesempatan untuk dapat memberikan penjelasan, jawaban
             pengaduan sejenis milik Kabupaten/Kota yang baru sebai-  dan klarifikasi yang layak atas keluhan dari masyarakat.
             knya tidak perlu lagi dteruskan, namun jika sudah berjalan   Mewujudkan Layanan Publlik di Indonesia yang berkualitas
             mari diintegrasikan,” kata Faisal saat membuka acara.  dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat”, jelasnya.
              “Dasar hukum pengelolaan pengaduan sudah cukup        Puncak dari kegiatan pada pagi hari itu, adanya pen-
             jelas dan LAPOR WAL! adalah sama SP4N LAPOR yang     andatangan Kesepakatan Bersama , yang mana peserta
             merupakan Aplikasi Umum dari Kementrian dan didukung   rapat bersepakat dalam penerapan pengelolaan LAPOR
             Gubernur Kaltim, jadi kita gunakan satu aplikasi saja yaitu   WAL! di  Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan
             lapor agar tidak rumit dan efisen”, ujarnya.         Timur dengan tujuan meningkatkan pelayanan masyara-
              Faisal meminta  bagi yang belum aktif penerapannya   kat dan pembangunan di Kalimantan Timur. (win)
             untuk segera ditindaklanjuti laporan yang masuk dan
             bagi belum ada Surat Keputusan segera dibuat agar bisa
             diberikan akun dan paswordnya.
              Hadir disamping Faisal saat pembukaan Kusharianto,
             Kepala Perwakilan Ombusaman Kaltim mengaku sangat
             mengapresiasi kegiatan pendampingan ini.  “Hasil laporan
             masyarakat melalui SP4AN Lapor, dapat menjadi rujukan
             pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan ,
             tidak perlu repot lagi melaksanakan Musrenbang” ujarnya.
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24