Page 18 - E-MAGAZINE EDISI PERDANA MEI-JUNI DISKOMINFO KALTIM
P. 18
18 lAPoR WAl
PEMERINtAH KAbUPAtEN KotA WAJIb tERHUbUNG SP4N-lAPoR!
Samarinda - Pengelolaan pengaduan pelayanan publik Perangkat Daerahnya.
pada SP4N-LAPOR! di Kalimantan Timur telah terhubung “Dalam pengelolaan SP4N-LAPOR!, admin utama dan peja-
di Sembilan Kabupaten/Kota. Hal ini meningkat dari data bat penghubung pada Perangkat Daerah harus aktif sehingga
sebelumnya dimana hanya delapan Kabupaten/Kota di koordinasi dapat terjalin baik, laporan-laporan segera disele-
Kalimantan Timur yang baru terhubung sebagaimana telah saikan dan aspirasi masyarakat dapat segera ditampung untuk
disampaikan oleh perwakilan KEMENPAN-RB beberapa membuat kebijakan-kebijakan,” tambahnya.
bulan lalu pada rapat evaluasi SP4N-LAPOR di Kantor Gu- Dengan adanya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelay-
bernur Kalimantan Timur. anan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi
“Telah bertambah satu Kabupaten, yakni Kabupaten dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) maka diharapkan
Kutai Timur yang telah terbit SK Pengelola Pengaduannya semua pengaduan dapat dikelola secara efektif melalui
yang ditandatangani oleh Bupati Kutim, sehingga sekarang satu saluran pengaduan nasional untuk mencapai tujuan
sudah memiliki user dan password SP4N-LAPOR! yang utamanya yaitu good governance.
diberikan oleh KEMENPAN-RB,” kata Muhammad Faisal, Faisal juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi
Kepala Dinas Kominfo Kaltim yang sekaligus menjabat seb- terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota agar segera
agai Sekretaris Pengelola Pengaduan Kaltim, ketika ditemui menyelesaikan laporan dan aspirasi yang masuk pada
di ruang kerjanya, Selasa (15/6). aplikasi SP4N-LAPOR!.
Setelah mendapatkan user password admin utama “Tugas kami selaku Tim Pengelola Pengaduan di Kaltim juga
SP4N-LAPOR!, diharapkan Kabupaten/Kota terus aktif harus memastikan agar laporan dan aspirasi masyarakat di
dalam pengelolaan SP4N-LAPOR! dan terus berkomunikasi Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur dapat tuntas dijawab
dengan Pejabat Penghubung yang ada di masing-masing dengan baik sesuai SOP yang ada,” tutup Faisal. (as)
lAPoR WAl! APlIKASI UMUM PENGAdUAN dI KAlIMANtAN tIMUR
Samarinda. Kadis Kominfo Kaltim Muhammad Faisal Pemateri mewakili Deputi Pelayanan Publik Kementrian
mengajak Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan PAN RB, Alfian Alfan Gafar mengatakan. SP4N Lapor! mener-
Timur menggunakan LAPOR WAL! sebagai satu-satunya ima sebanyak 500-600 laporan per hari. Kecanggihannya
sarana pengaduan pelayanan publik online didukung oleh aplikasi, kanal dan Fitur yang cukup lengkap
“LAPOR WAL! sama dengan SP4N LAPOR, kami mem- dan advance. “Keterdukungan telah dikelola oleh 657 Instansi
buat tagline seperti itu supaya lebih mudah masyarakat Pemerintah dan telah ditetapkan sebagai aplikasi umum pen-
Kalimantan Timur untuk mengingat dan menggunakannya gelola pengaduan” ucap Alfian sapaan akrabnya.
dalam menyampaikan aduan dan aspirasi tentang pelay- Saat ini banyak fitur SP4N Lapor! yang dikembangkan
anan publik,” kata Faisal dalam kegiatan Pendampingan seperti, Rating Kepuasan Pengguna digunakan sebagai
pengelolaan SP4N Lapor Kabupaten Kota Se- Kalimantan indikator dasar perbaikan untuk menjaga kualitas tindak
Timur, Kamis (15/04) di Kantor Gubernur Kaltim. lanjut pengaduan dari masyarakat. Ada juga Rules Engine
Faisal menjelaskan hal ini guna mendorong prinsip no merupakan fitur LAPOR! untuk automasi proses lempar
wrong door policy pada Sistem Pengaduan Pelayanan Pub- dan memberikan saran disposisi, sehingga laporan lang-
lik Nasional agar tidak ada pintu aduan yang salah. “LAPOR sung masuk instansi terkait.
WAL! Menjadi satu-satunya kanal aduan layanan publik Penambahan fitur ini untuk LAPOR WAL! bukan hanya un-
yang berbabsis digital dan digunakan seluruh instansi tuk menerima aduan tetapi bisa berfungsi untuk pemanfaatan
pemerintah” tegasnya. data dari hasil laporan masyarakat” tutupnya. (win)