Page 41 - E-MAGAZINE EDISI PERDANA MEI-JUNI DISKOMINFO KALTIM
P. 41
KREAtIvItAS & INovASI 41
dISKoMINFo HAdIRKAN SIGElAtIK
Samarinda --- SIGELATIK (Sistem Informasi Gangguan layanan dapat langsung
Layanan TIK) merupakan sistem informasi untuk melayang- mengajukan keluhan
kan keluhan gangguan TIK diskominfo dimanapun berada saja.
sehingga mempermudah dalam menyampaian keluhan Eva menjelaskan
gangguan kepada pengelola TIK Diskominfo. bahwa sekarang aplikasi
Disampaikan Kepala Seksi Infrastruktur TI Eva Yuseva ini sudah dikembangkan
bahwa sebelumnya keluhan atau gangguan yang dilayangkan dalam bentuk aplikasi
secara langsung melalui contact tanpa sistem yang terdata mobile sehingga dapat
sehingga menyulitkan pada saat melakukan evaluasi, menga- digunakan dimanapun
nalisis dan mengaudit layanan gangguan. berada. Penerapan sistem
“Maka penting bagi bidang TIK Diskominfo Prov. Kaltim informasi ini diharapkan
memiliki layanan yang dapat membantu mempercepat nantinya dapat mengak-
penanganan gangguan baik skala ringan, sedang maupun selerasi penanganan dan
berat,”jelas Eva. mengestimasi penyelesaian gangguan yang kerap terjadi, tentu-
Hal ini menjadi penting dikarenakan tingginya perang- nya peran dari operator Jaringan/pejabat pengelola TIK sangat
kat daerah yang memerlukan prioritas layanan khususnya penting guna tercapainya layanan jaringan yang baik. Dan ini
jaringan intranet. Sistem informasi sudah berisikan informasi dapat memangkas dan mengefisiensikan admin jaringan dalam
permasalahan yang sering dijumpai pada saat penanganan menganalisis dan menyelesaikan gangguan layanan TIK. (***)
gangguan TIK. Kemudahan didalam menggunakan layanan
ini dengan informasi yang telah ada sehingga pengguna